Ksatria Airlangga : Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Indonesia

 

Berkembangnya dunia digital membuat banyak inovasi di bidang teknologii baik di bidang ekonomi, sosial, kesehatan dan lainnya. Hal ini perlu di dukung oleh peran pemerintah agar perkembangan teknologi memberikan dampak yang positif dan bermanfaat bagi masyarakat. Dalam dunia teknologi terbaru, banyak istilah baru yang digunakan. Salah satunya Startup, lalu apakah itu startup. Dapat kita ambil contoh perkembangan teknologi on-demand services atau kita lebih mengenalnya dengan layanan pemesanan, contohnya dalam bidang transportasi seperti Go-Jek, Uber, dan Grab. 3 Hal tersebut dapat disebut sebagai startup, jika begini sudah ada gambaran kan ?

P_20170506_112421_PN

Mendukung hal ini pemerintah kementerian informasi dan komunikasi bekerja sama dengan KIBAR mengadakan “Gerakan Nasional 1000 Startup Digital”. Kebetulan saya akan sharing mengenai bagaimana proses gerakan nasional ini. Dalam gerakan ini dibagi menjadi beberapa tahap dan diseleksi, meliputi tahap awal ignition, dimana peserta akan dikenalkan dengan dunia startup. Setelah itu ada networking session, disana kita akan belajar membentuk jaringan/tim yang terdiri dari ahli business (hustler), ahli design (hipster), dan ahli coding (hacker). Setelah itu tahap kedua, tahap workshop disana kita akan diajari bagaimana meningkatkan skill kita sesuai keahlian kita baik hustler, hipster, dan hacker. Tahap ketiga, yaitu tahap hackathon disini kita akan berkolaborasi antara hustler, hipster, dan hacker untuk membuat nyata rencana ide yang telah dibuat. Tahap keempat, yaitu bootcamp. Disini kita akan belajar dalam satu tempat untuk mengembangkan dan membuat ide kita lebih baik lagi dibantu dengan para mentor yang sudah sangat berpengalaman dibidang startup. Tahap selanjutnya yaitu incubation. Tahap terakhir ini adalah tahap pematangan lebih lanjut dan lebih intens dengan para mentor dan diharapkan startup kita bias segera diluncurkan. Itulah tahap-tahap dalam gerakan nasional 1000 startup digital.

Tepat Hari Jumat tanggal 6 Mei 2017 diadakan sesi ignition di Aula Garuda Mukti, gedung rektorat kampus C Universitas Airlangga, lantai 5 Surabaya. Acara ini di ikuti sekitar 258 peserta dari berbagai latar belakang dan kota dijawa timur. Ada beberapa sesi dalam acara ini dimulai awal sambutan, materi, makan siang dan penutupan serta sesi foto bersama. Acara ini di inisiasi oleh KIBAR dan didukung oleh kementerian komunikasi dan informatika republik indonesia, KIBAR adalah sebuah perusahaan yang bertujuan membangun ekosistem teknologi di Indonesia melalui inisiatif-inisiatif pembangunan kapasitas, mentoring, dan inkubasi di berbagai kota. Sesi sambutan dibuka oleh  Bapak Prof. Nasich selaku Rektor Universitas Airlangga. Dalam sambutannya prof nasich mengemukakan hal yang sangat menarik, beliau berpesan diharapkan setiap mahasiswa di akhir masa studinya bisa menghasilkan suatu karya, tidak hanya karya ilmiah, bisa suatu karya, salah satunya startup. Sebagai reward prof. Nasich berpesan siapapun dari fakultas manapun yang dapat membuat startup yang bermanfaat bagi Indonesia, Startup itu dapat menjadi syarat pengganti skripsi. Sambutan kedua oleh Bu Lia selaku staf ahli kementerian komunikasi dan informatika republik Indonesia. Beliau Berpesan mengenai negara Indonesia untuk ambil bagian dalam perkembangan startup di dunia. Sesi selanjutnya ada materi dari Yamsen kamto mengenai mengapa sih kita harus bikin startup, setelah itu ada materi dari startup-startup local di Indonesia seperti RedBlood, Jakarta Smart City, dan masih banyak lagi.

   @1000startupID #1000StartupDigital #Surabaya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s